Reksa Dana Pendapatan Tetap dan Ilustrasi

Reksa Dana Pendapatan Tetap adalah jenis reksa dana berisiko menengah yang memberikan hasil pengembalian melalui investasi dengan komposisi obligasi ≥ 80% dari total portofolio. Artinya minimal investasinya 80 persen ke Instrumen obligasi. Instrumen obligasi sendiri merupakan surat berharga berbasis utang yang memberikan pendapatan tetap secara berkala dalam bentuk pembayaran kupon. Reksa dana pendapatan tetap juga sering disebut dengan reksa dana obligasi. Reksa dana pendapatan tetap biasanya dipilih investor yang profilnya gak begitu mau ambil risiko besar dalam berinvestasi. Manajer investasi wajib paham benar soal profil investornya, biar dana investasi dikelola sesuai dengan yang dikehendaki investor itu.

Bila Anda menginginkan bentuk investasi yang dapat memberikan tingkat pengembalian lebih tinggi dari suku bunga deposito biasa, Reksa Dana Pendapatan mungkin pilihan investasi yang tepat bagi Anda. Reksa Dana ini sangat tepat bila Anda menginginkan stabilitas modal. Anda merasa nyaman dengan investasi yang memiliki tingkat resiko yang relatif rendah dan Anda menginginkan tingkat pengembalian investasi lebih tinggi dari suku bunga deposito berjangka pada umumnya. 


Reksa Dana Pendapatan Tetap sering juga disebut dengan fix income funds. Reksa Dana Pendapatan Tetap berisi minimum 80% surat utang (obligasi). Reksa dana pasar uang cocok untuk investor individu yang memiliki profil risiko moderat dan memilki tujuan jangka menengah (dibawah 1 – 3 tahun). Namun bagi investor harus mengetahui bahwa reksa dana pendapatan tetap sangat terpengaruh oleh risiko perubahan suku bunga. Teorinya, jika suku bunga naik maka harga obligasi akan turun dan sebaliknya jika suku bunga turun maka harga obligasi akan meningkat. Dalam kondisi suku bunga naik, terkadang dapat menyebabkan penurunan tajam pada harga obligasi. Hal ini bisa berpotensi kinerja reksa dana pendapatan tetap mengalami penurunan lebih dalam dibandingkan reksa dana saham. 
Ilustrasi investasi Reksa Dana Pasar Uang:Pada tanggal 5 Febuari 2015, Pak Ronald membeli Reksa Dana Pendapatan Tetap  XYZ sebesar Rp 5.000.000. NAB/unit Reksa dana XYZ pada hari itu adalah Rp. 1.589,65. Maka unit penyertaan yang Pak Ronald miliki adalah Rp 5.000.000/1.589,65 = 3.145,346 unit penyertaan. 
Pada tanggal 29 Mei 2015, Pak Ronald menjual kembali seluruh Reksa Dananya. NAB/unit Reksa Dana XYZ pada hari itu adalah Rp. 1.663,59. Maka total investasi yang Pak Ronald dapatkan adalah 3.145,346 x 1.663,59 = Rp 5.232.881
Berapa keuntungan Pak Ronald?Modal saat membeli reksa dana Rp 5.000.000
Investasi yang didapat saat menjual reksa dana Rp 5.232.881
Keuntungan: 5.232.881 – 5.000.000 = 232.881 atau 4,66% (sumber dari Finansialku.com)
 
Reksa Dana Pendapatan Tetap dan Ilustrasi
sumber foto dari Finansialku.com

Sumber dari finansialku.com/kompas

0 Response to "Reksa Dana Pendapatan Tetap dan Ilustrasi"

Posting Komentar