Apa itu Reksadana Saham?

Reksadana Saham adalah reksa dana berisiko tinggi dengan hasil pengembalian melalui investasi dengan komposisi saham ≥ 80% dari total portofolio yang dikelola ke dalam efek bersifat ekuitas (saham). Saham adalah bukti bagian atas kepemilikan suatu perusahaan. Reksa dana ini bertujuan untuk memberikan pertumbuhan modal jangka panjang bagi pemegang unitnya. Reksa dana Saham memiliki porsi terbesar berupa saham (equity) dan sisanya obligasi (surat utang). Saham (equity) menempati porsi minimum 80% dari nilai aktiva bersih dan sisanya dipenuhi oleh efek utang (obligasi). enis reksa dana yang profil risikonya paling tinggi dibandingkan reksa dana lain akan tetapi jenis reksa dana ini juga merupakan yang paling diminati oleh investor di Indonesia. Berdasarkan ketentuan dalam peraturan OJK, kebijakan investasi yang berlaku untuk reksa dana saham adalah minimal 80 persen di instrumen saham.

Reksa dana adalah wadah untuk menghimpun dana dari masyarakat (pemodal / investor), untuk selanjutnya dikelola oleh Manajer Investasi dalam investasi paper asset (portofolio efek). Berinvestasi pada reksa dana saham memungkinkan kita memiliki saham-saham terbaik yang dikelola oleh manajer investasi dalam portofolio reksa dana sesuai dengan unit penyertaan yang kita miliki. Investasi reksa dana saham dalam jangka panjang memang tidak ada jaminan pasti akan selalu menguntungkan, namun apabila kinerja perekonomian terus meningkat, begitu pula dengan penjualan dan laba bersih perusahaan, maka harga saham juga seharusnya akan mengikuti tren tersebut. Reksa dana saham idealnya direkomendasikan untuk investor yang memiliki tujuan keuangan di atas 5 tahun.


Apa itu Reksadana Saham?
Pada umumnya return dari reksa dana saham relatif lebih kecil bila dibandingkan menempatkan dana langsung pada saham. Ini dikarenakan dalam pengelolaan reksa dana, alokasi aset terbagi ke instrumen investasi lainnya seperti deposito dan obligasi. Dengan demikian, risiko reksa dana saham dapat terdiversifikasi (terbagi) sehingga risiko yang ditanggung menjadi lebih rendah. Berinvestasi reksa dana saham juga dapat dimulai dengan dana minimum yang relatif lebih rendah yakni hanya sekitar Rp100 ribu. Sementara untuk berinvestasi saham yang menggunakan satuan lot atau setara dengan 100 lembar saham, kita memerlukan uang yang cukup besar terutama untuk membeli saham-saham dengan harga yang tinggi. 


0 Response to "Apa itu Reksadana Saham?"

Posting Komentar